-->

Keindahan Bonsai Serut Dan Tutorial Cara Membuatnya

Sebutan lain untuk bonsai serut adalah ‘pohon kertas pasir’ ‘semak kasar Siam’ dan ‘pohon sikat gigi’, sedangkan untuk di negara Filipina tanaman ini dikenal dengan sebutan bogtalay dan kalyos. Tahukah anda bahwa bonsai serut ini telah menjadi tanaman yang sangat terkenal di Indonesia, Jenis tanaman ini memeiliki model yang baik dan cantik untuk dibuat menjadi bonsai yang istimewa.
bonsai serut

Bonsai serut yang banyak diperjual belikan pada saat ini bahannya yang masih dari galian alam. Walaupun, tanaman ini sesungguhnya mudah untuk di budidaya dari tunas akarnya, dengan cara cangkok, atau stek. Cara yang paling sulit dan perlu ketelitian ekstra yakni dengan main stek. Memindahkan tanaman atau pohon serut ini dari tanah ke pot juga memerlukan extra kehati-hatian, sebab tanaman ini sangat peka jika terpotong akarnya.

Bonsai dari pohon serut banyak ditanam di taman-taman karena memiliki bentuk batang dan daun yang eksotis. Selain itu tumbuhan atau pohon serut ini yang gampang dibentuk dan ‘bandel’ tumbuhnya. Selain sebagai tanaman hias, bonsai serut yang merupakan tumbuhan asli dari Asia Tenggara ini dipercaya mempunya banyak khasiat sebagai tanaman herbal hingga mistis.

Pohon serut berukuran sedang dengan tinggai antara 4-15 meter. Kulit dan batang bonsai serut ini putih keabu-abuan. Daun serut yang bentuknya bulat telur, lonjong, dengan panjang kira kira antara 4 – 12 cm. Berwarna hijau dengan permukaan daun yang kasar, tepi daun yang bergerigi, ujung daun yang runcing, pangkal daun yang meruncing, dan tulang daun dari bonsai serut yang menyirip.

Baca Juga : 7 Cara Membuat Bonsai Kelapa Yang Di Rekomendasi Para Ahli

Tanaman bonsai serut ini harganya yang tinggi, karena bisa dikatakan pohon atau tanaman yang paling ideal untuk dijadikan sebuah bonsai (dikerdilkan). Tanaman bonsai serut adalah merupakan tanaman asli daerah kering di negara Kamboja, Thailand, Malaysia, India, Sri Lanka, dan Vietnam.

Sehingga, juga cocok juga di tanam di negara Indonesia yang beriklim tropis dan panas. Daun dari bonsai serut biasa kecil-kecil, namun setelah melalui perawatan untuk dijadikan bonsai dan daun ini akan menjadi lebih kecil lagi.

Di kalangan para pencinta tanaman hias, bonsai serut merupakan salah satu sang primadona. Tumbuhan dari marga ( family ) Moraceae ini memiliki bentuk batang, percabangan, dan juga daun yang eksotis dan mudah untuk dibentuk.

Selain itu tanaman bonsai serut pun terkenal bandel dan sangat mudah baik untuk penanaman maupun perawatan. Sehingga tidak mengherankan jika kemudian banyak orang berlomba lomba untuk dijual dengan harga yang lumayan mahal untuk sebagai jenis tanaman penghias taman dan bahan bonsai.

Baca Juga : Kenali Jenis Bonsai Dan Harganya Yang Fantastis

Di samping sebagai tanaman hias bonsai serut pun ternyata memiliki banyak berbagai kegunaan mulai dari tanaman herbal hingga tumbuhan yang mistis. Sejak ratusan tahun silam di negara Thailand, kulit dari pohon serut ini menjadi ‘kertas’ di berbagai teks kuno. Berbagai bagian bonsai serut juga dimanfaatkan untuk cara mengobati penyakit kusta, demam, diare, sakit gigi, hingga kanker.

Teknik Dan Cara Membuat Bonsai Serut

Tips untuk cara membuat bonsai serut untuk pemula ini tidak perlu ada pemikiran yang susah atau tidah bisa asal kita tekun melakukannya pasti semua itu mudah. Walaupun harga dari tanaman bonsai yang satu ini sedikit lebih relatif mahal dibandingkan dengan tanaman bonsai yang lain.

Baca Juga : Cara Membuat Bonsai Sisir Atau Kaliage Yang Istimewah

namun pastikan untuk hasil akhir dari tanaman yang satu ini akan lebih mengesankan. Lalu bagaimana cara membuat bonsai serut? Berikut ini adalah cara membuat bonsai serut disertai dengan cara untuk merawatnya.

Tips untuk bakalan bonsai serut yang baru saja di dapat dari alam.


  • Buang semua daun yang menempel pada bakalan serut.
  • Potong batang dan akar yang kurang proporsional.
  • Bersihkan dengan air sisa -sisa tanah yang menempel pada akar sampai bersih
  • Sesudah itu olesi akar yang telah dibersihkan tadi dengan perangsang akar secara merata, saya biasa menggunakan ro*tone powder
  • Siapkan media tanam yang steril dan porosus, saya biasa memakai pasir gunung yang telah saya cuci dicampur sedikit tanah lempung. Tujuan media yang porosus adalah supaya akar bisa leluasa tumbuh.(jangan mencampur pupuk dalam media , karena pupuk akan membuat media menjadi panas sehingga akar akan sulit tumbuh)
  • Tanam bakalan bonsai serut tadi dalam media yang telah dipersiapkan.
  • Setelah tanaman ini ditanam dalam media, sungkup tanaman bakalan bonsai serut dengan kantong plastik. tujuannya adalah agar menjaga kelembapan.
  • Setelah tanaman disungkup taruh tanaman ditempat yang teduh.
  • Buka sungkup plastik jika sudah keluar daun pada bakalan serut, berdasarkan pengalaman saya sungkup plastik dibuka setelah 2 sampai 3 mingguan.
  • Tanaman tetap ditaruh di tempat teduh sampai daun sudah tumbuh banyak dan cukup kuat mendapat sinar matahari.
  • Tips perawatan untuk bakalan serut yang sudah hidup.


Media tanam berupa campuran pupuk kandang, tanah merah, sekam bakar/pasir malang dengan perbandingan 1:1:1

Baca Juga : Cara Membuat Bonsai Beringin Dolar Yang Cocok Untuk Pemula

Lakukan penyiraman dengan teratur dan pastikan tanaman mendapat sinar matahari yang cukup
Jika media tanam dirasa sudah mengeras, ganti dengan media tanam yang baru.

Alternatif 1 Untuk Cara Menanam Bonsai Serut

Ciri Pohon Serut Untuk Bonsai Tanaman Pohon serut yaitu jenis tanaman yang tumbuh menyebar di indonesia, dengan kata lain pohon ini mempunyai kekuatan dari banyak sekali elemen pada struktur phonya. Akar yang bai, batang yang berkarater, serta daun yang sanggup mengecil semaksimal mungkin jikalau dilakukan tehnik pemotongan yang tepat.
Cara Menanam Bonsai Serut

Bakalan Bonsai Serut Istimewa Bahan dan bakalan bonsai serut sanggup kita dapatkan dengan dua tehnik yaitu Penyemaian Biji Serut dan Mencangkok batang pohon Serut. Bahkan tanpa disadari batang yang terbentuk secara alami di alam, mempunyai potensi yang berpengaruh untuk menjadi bonsai juara. Bakalan pohon serut yang cantik untuk dijadikan bonsai yaitu bentuk pohon yang dihasilkan dengan abjad yang baik.

Memilih Bakalan Serut Yang Baik Ada dua teknik yang harus dilewati saat anda akan berburu pohon serut yang baik untuk dijadikan sebagai bonsai. Apa saja Yang dilakukan Sebelum Berburu materi bonsai serut?
Jawabanya yaitu sebagai berikut:

Tentukan abjad bentuk bonsai yang akan diangkut atau dibuat, jadi anda sebelum menemukan sudah mmiliki kriteria bakalan bonsai serutnya. Mencari pohon atau tanaman serut terlebih dahulu dan setelahnya mentukan model atau gaya bonsai.

Alternatif 2 Untuk Cara Menanam Bonsai Serut

Berikut ini adalah cara menanam bonsai serut yang belum banyak di ketahui oleh para ahli dari seni tanam menanam sebuah tanaman atau pohon yang baik dan benar dan mudah untuk di lakukan oleh para pemula khususnya sebagai berikut :

Ciri Pohon Serut Untuk BonsaiTanaman Pohon serut yaitu jenis tanaman yang tumbuh menyebar di indonesia, dengan kata lain pohon ini mempunyai kekuatan dari banyak sekali elemen pada struktur phonya. Akar yang bai, batang yang berkarater, serta daun yang sanggup mengecil semaksimal mungkin jikalau dilakukan tehnik pemotongan yang tepat.

cara menanam bonsai serut dengan Bakalan yang Istimewa Bahan dan bakalan bonsai serut sanggup kita dapatkan dengan dua tehnik yaitu Penyemaian Biji Serut dan Mencangkok batang pohon Serut. Bahkan tanpa disadari batang yang terbentuk secara alami di alam, mempunyai potensi yang berpengaruh untuk menjadi bonsai juara. Bakalan pohon serut yang cantik untuk dijadikan bonsai yaitu bentuk pohon yang dihasilkan dengan abjad yang baik.

Memilih Bakalan Serut Yang Baik
Ada dua teknik yang harus dilewati saat anda akan berburu pohon serut yang baik untuk dijadikan sebagai bonsai. Apa saja Yang dilakukan Sebelum Berburu materi bonsai serut?
Jawabanya yaitu sebagai berikut:

Tentukan abjad bentuk bonsai yang akan diangkut atau dibuat, jadi anda sebelum menemukan sudah mmiliki kriteria bakalan bonsai serutnya Mencari pohon tanaman serut terlebih dahulu, setelahnya mentukan awal model atau gaya bonsai.

3 Cara Membuat Bonsai Serut Yang Aternatif

Cara membuat bonsai serut banyak yang bertebaran di internet membahasan tentang tutorial ini mulai dari artikel sampai vidio pun juga ada tinggal kita pilih. tetapi dari sekian banyak itu mungkin cara ini yang sangat jarang di ketahui oleh orang banyak.

Keunggulan Dari Bonsai Serut

Selain berbentuk yang unik dan menarik yang seperti dalam dunia dongeng, bonsai serut ternyata juga memiliki beberapa keunggulan lainnya, seperti;


  1. Bonsai ini merupakan bonsai yang paling ideal untuk ditanam dan dijadikan hiasan rumah.
  2. Bonsai ini juga cukup mudah ditanam
  3. Perawatan bonsai inipun cukup mudah dan tidak terlalu merepotkan.
  4. Serut mudah ditemukan di Indonesia, terutama di Pulau Jawa dan Sumatera.
  5. Bagi Anda yang berniat untuk membuat sendiri kreasi pohon serut, berikut ini beberapa cara membuat bonsai serut Anda menjadi unik dan menarik;
  6. Tips Membuat Bonsai Serut Agar Tumbuh Dengan Sempurna
  7. Tanah Gunung Adalah Media Tanam yang Terbaik untuk Bonsai Serut media tanam menjadi syarat penting dalam bercocok tanam, tak terkecuali untuk membuat bonsai ini.


Media tanam terbaik untuk jenis bonsai ini adalah campuran antara tanah gunung, pupuk kandang dan humus dengan perbandingan 1:1:1.

Hal lainnya yang paling penting untuk Anda ketahui adalah pada saat masa proses pembentukan dan letakkanlah bonsai serut ini ke dalam pot yang berukuran besar.

Jika sudah mencapai ukuran yang di inginkan anda boleh dengan cara memindahkannya bonsai serut ke dalam pot yang sesuai dengan ukuran sesuai dengan selera dan keinginan Anda.

Matahari Adalah Sangat Baik untuk Cara Membuat Bonsai Serut tanaman hias tidak banyak yang menyukai matahari. Tapi tidak untuk bonsai serut yang satu ini yang justru sangat menyukai matahari.

Meletakkan bonsai ini di tempat yang banyak terkena paparan sinar matahari akan membuat pertumbuhan tanaman hias ini akan menjadi maksimal. Daun akan jadi lebih mengecil dan lebih tahan dari berbagai serangan penyakit.

Kutu Putih Tanda Bahaya Untuk Bonsai Serut Meskipun bonsai serut ini akan lebih tahan terhadap penyakit jika kita meletakkan di tempat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung, bukan berarti bonsai serut ini akan seratus persen aman dan terbebas dari hama.

Si kutu putih ini merupakan hama yang paling sering mengganggu pertumbuhan bonsai serut. Hal ini dikarenakan hama kutu putih ini akan mengeluarkan embun madu yang rasanya manis.

Embun madu inilah yang bisa menyebabkan cendawan jelaga ini tumbuh dengan baik. Dengan begitu, cendawan jelaga dapat menutupi daun dan membuat daun bonsai yang tadinya hijau berubah menjadi hitam.

Dengan menerapkan proses 3 tips cara membuat bonsai serut ini, kemungkinan besar kreasi bonsai Anda pasti akan mendapatkan hasil yang sempurna, seperti apa yang Anda inginkan.

Jika bonsai mulai terdapat cendawan jelaga, maka segeralah menyemprotkan insektisida dan fungisida secara berkala.

Pohon serut ini tidak termasuk dari salah satu tumbuhan yang langka maupun tumbuhan yang untuk dilindungi. Meskipun dalam beberapa tahun terakhir pohon ini banyak diburu di alam bebas untuk diperdagangkan sebagai tanaman hias ataupun bahan bonsai.

Klasifikasi Ilmiah Serut. Kerajaan: Plantae. Divisi: Tracheophyta. Kelas: Magnoliopsida. Ordo: Rosales. Famili: Moraceae. Genus: Streblus. Spesies: Streblus asper Lour.

tips :


  • Jangan melakukan penyiraman di siang hari saat matahari terik. Air bekas siraman ini akan mudah panas dan mendidih karena pot bonsai itu, biasanya ceper dan sehingga lebih mudah untuk menampung panas. Air yang panas bisa berakibat fatal dan merusak akar bonsai.
  • Lakukan prunning jika akar benar-benar sudah memenuhi seluruh pot. Jika belum penuh jangan dipaksakan.
  • Jangan membentuk bonsai pada sing hari. Siang hari adalah waktunya tumbuh-tumbuhan melakukan proses fotosintesis (proses memasak makanan). Lakukan pembentukan batang dan ranting pada sore/malam hari dengan memberi siraman air yang agak banyak. Agar batang dan ranting lebih lentur saat di bentuk.
  • Jangan membentuk bahan dengan proses ikat kawat. Karena hal tersebut justru merusak keindahan batang bonsai. Bahan bonsai akan tumbuh dengan bekas luka kawat. Lakukan pembentukan dengan teknik kait bertahap.
Di ambil dari Sumber ( carabonsaii.blogspot.com, gososmeddemogenova.blogspot.com, alamendah.org, bonsaiserutan.blogspot.com, bibitbunga.com, bonsai1001.blogspot.com/ )
comments

0 Response to "Keindahan Bonsai Serut Dan Tutorial Cara Membuatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel