-->

Cara Membuat Bonsai Sisir Atau Kaliage Yang Istimewah

Bonsai Pohon Sisir ( Kaliage, Cudrania chochinsinensis ) adalah sesosok pohon atau tanaman yang bentuknya bergerombol semak belukar atau dengan istilah lain tanaman yang sangat unik. Yang disebut unik adalah dari penampilan Pohon atau tanaman tersebut yang berwarna kuning cerah yang hampir ke orange, berduri, panjang serta kaku. Apalagi jika anda lihat untuk warna perakarannya, siapapun itu akan berdecak kagum bila melihatnya.

Bonsai Sisir Atau Kaliage

Tanaman Sisir ini sangat banyak tumbuh di ketinggian antara 4 Mdpl sampai ke 3/4 ketinggian dari puncak gunung, oleh karena itulah pohon ini menjadi sangat amat populer karena pada waktu itu tanaman ini dengan mudah ditemui dimanapun itu. Cudrania chochinsinensis nama latinnya ini ternyata mempunyai banyak kerabat.

Baca Juga : Cara Menanam Bonsai Untuk Pemula Panduan Lengkap

Ada 4 jenis  species yang masih satu rumpun dengannya di antaranya :

1. Maclura chochinsinensis
2. Cudrania javanensis
3. Maclura pomifera ini kerap sekali di sandingkan atau disamarkan dengan Cudrania chochinsinensis yang kita buat bonsai sisir sekarang ini. karakteristik dan fisik tanaman yang kembar identik inilah yang mengaburkan penamaan tanaman. Berikut adalah gambar dari Maclura pomifera sp.

4. Maclura tinctoria Tanaman ini di negara negara afrika sering disebut sebagai “Ink Plant” karena jika tanaman ini di pijet pijet sampai hancur setelah itu di tangan kita akan terlihat hitam seperti kena tinta tulis. Dan sedikit tambahan untuk jenis Maclura Tinctoria ini kerap juga di salah artikan menjadi Cudrania javanica.

Tanaman bonsai memang sangat menarik untuk diperbincangkan apalagi jika anda merupakan penggemar tanaman hias yang satu ini. Tanaman bonsai sisir memiliki karakter batang yang terlihat tua, daun yang rimbun, serta memiliki ukuran yang kecil dan unik.

Anda tentu sudah sangat mengenali jenis tanaman ini. Ada banyak sekali jenis pohon atau tanaman yang bisa dijadikan tanaman bonsai dan salah satu yang cukup menarik untuk bisa dijadikan pohon pilihan adalah bonsai sisir.

Berikut Ini Adalah Ciri Ciri Bonsai Sisir ( Kaliage )

Tanaman bonsai sisir bisa menjadi tanaman yang sangat menarik karena pohon ini memiliki batang yang keras, kuat kesan yang tua. Selain itu ciri ciri daun dari tanaman atau pohon bonsai ini juga memiliki daun yang rindang dan kecil sehingga sangat cocok untuk dibentuk menjadi tanaman bonsai sisir atau kaliage.
Ciri Ciri Bonsai Sisir ( Kaliage )

Anda pun bisa memilih tanaman ini sebagai alternatif tanaman hias untuk membuat taman dinrumah anda agar terlihat begitu cantik. karakter yang sangat menonjol dari tanaman bonsai sisir ini adalah batangnya yang berduri, tanaman ini akan terlihat begitu cantik apabila sudah menjadi tanaman bonsai.

Pohon bonsai sisir  ( kaliage ) mempunyai karakteristik sebagai berikut :


Memiliki warna oren muda atau hijau hulk pada bagian luar batangnya.
Kulit luar seperti terbelah memanjang seperti halnya kulit pohon yang sudah tua.
Memiliki daun berwarna hijau dan rimbun, karena tanaman ini merupakan tanaman semak belukar
Mempunyai duri yang panjang dan juga kaku dengan ujung yang tajam.

Tanaman kaliage mempunyai banyak jenis, seperti berbwarna kuning, hijau dan bintang. Tanaman ini bisa beradaptasi untuk bertahan hidup didaerah yang sangat panas ataupun daerah yang sangat dingin ketika di tanam di dalam pot.

Baca Juga : Seperti Inilah Cara Membuat Bonsai Yang Paling Bagus

Cara merawat tanaman kaliage cukup mudah, anda hanya cukup menyiram dengan secukupnya saja karena tanaman ini sangat kuat dalam berbagai macam cuaca.

Tumbuhan sisir mempunyai banyak keunikan dan keunggulan, sehingga banyak orang yang menjadikan tanaman ini menjadi tanaman bonsai sisir yang istimewah.

Tanaman ini mampu menjadi tanaman juara karena bisa dibentuk menjadi bentuk yang sangat unik. Batang uang dimiliki pohon ini sangat mudah untuk dibentuk sehingga bisa menjadi bonsai yang sangat menarik. Akar dari pohon atau tanaman ini juga sangat cantik dan juga sangat cocok untuk dijadikan tanaman bonsai yang berkualitas.

Tanaman sisir sangat mudah adalah hal perawatannya. Anda bisa memberikan perawatan sederhana untuk menjadikan tanaman ini terlihat selalu indah. Bonsai sisir memang menjadi salah satu tanaman populer bagi para pecinta bonsai, anda bisa memilikinya sebagai salah satu tanaman favorit anda.

Baca Juga : 7 Cara Membuat Bonsai Kelapa Yang Di Rekomendasi Para Ahli

Tanaman bonsai sisir yang memiliki daun kecil ini ternyata juga memiliki bunga berwarna putih dan buah yang berwarna hijau namun tidak terlalu terlihat karena bunga dan buahnya yang sangat kecil. Akar yang cantik khas dari tanaman bonsai juga memiliki daya tarik yang amat baik. Akar dari tanaman ini sangat mudah beradaptasi sehingga pertumbuhannya juga sangat cepat.

Beginilah Proses Cara Membuat Bonsai Sisir (Kaliage)


Untuk proses pembuatan tanaman ini sangat mudah tidak jauh berbeda dengan halnya penanaman bonsai pada umumnya, namun disini kami akan menjelaskan trik trik jitu supaya tanaman yang kamu punya menjadi bonsai sisir ( kaliage ).

Terlebih dahulu kamu harus mempersiapkan bahan-bahan sebagai berikut :


  • Tempat tanam (pot)
  • Bakal bonsai sisir
  • Media tanam seperti tanah yang di campur dengan pupuk kompos
  • Sektisida dan pestisida untuk mencegah hama.


Pastikan bahan-bahan tersebut sudah di siapkan semua, yang pertama harus kamu lakukan adalah menanam bakal bonsai sisir terlebih dahulu. Tetapi, penanaman bakal bonsai sisir ini tidak sembarangan supaya bonsai sisir dapat tumbuh dengan baik.

Siapkan bakal bonsai sisir / kaliage yang bagus dan tidak terkena penyakit, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :


  • Sediakan tanah dan kompos, selanjutnya mencampurkannya dengan perbandingan 2 : 1.
  • Setelah itu, masukan campuran tersebut ke dalam pot sampai 1/4 bagian pot terisi oleh media tanam tadi.
  • Masukan bakal bonsai yang sudah disiapkan ke dalam pot.
  • Timbun dengan media tanam sampai pot terisi penuh.
  • Bakal bonsai yanng sudah ditanam, harus di biarkan terlebih dahulu supaya tumbuh dengan baik.
  • Setelah di biarkan selama kurang lebih 10 hari, berikan pestisida ke permukaan tanah dalam pot agar bonsai tidak terserang penyakit.


Biasanya pestisida yang digunakan untuk menanam bonsai sisir adalah dengan menggunakan Furdan bubuk.Pestisida bubuk digunakan karena pestisida yang ditaburkan ke permukaan tanaman akan serap akar tanaman dan mengalir ke semua bagian tubuh pohon.
Cara Membuat Bonsai Sisir (Kaliage)

Setelah penanaman bonsai dilakukan, kamu bisa menunggu tanaman ini tumbuh hingga siap untuk dijadikan bonsai. Kita dapat mengatur besar kecilnya tanaman bonsai sisir dengan interfal waktu yang anda berikan kepada tanaman ini.

Trik Mempercepat Pembesaran Cabang atau Dahan Bonsai Sisir


Besar batang, dahan dan cabang serta daun harus proposional dalam artian besar batang dan dahan, daun harus seimbang. Hal ini sangat berpengaruh dengan keindahan bonsai sisir / kaliage. Sebagai contoh misalnya diameter batang 2 cm maka diameter dahan yang seimbang harus lebih kecil begitu juga dengan diameter cabang harus lebih kecil dari dahan.

Lain halnya dengan daun, ada jenis tanaman yang tidak dapat dikecilkan daunnya seminimal mungkin dan ada juga jenis yang dapat dikecilkan daunnya. Tanaman Serut misalnya daunnya dapat dikecilkan seminimal mungkin dari ukuran biasa apabila ditanam di alam.

Bonsai sisir untuk mengecilkan daun biasanya dengan berbagai macam cara antara lain dengan membuang daunnya terus menerus sehingga didapatkan ukuran yang kita inginkan, ada juga dengan cara meletakknya tanaman pada tempat yang selalu kena sinar matahari.

Sedangkan untuk menyeimbangkan besar dahan dengan batang bonsai sisir / kaliage caranya membiarkan dahan tetap tumbuh membesar dan panjang. Setelah didapat untuk ukuran yang diinginkan dan juga seimbang dengan batang barulah dahan yang tadi siap untuk dipangkas atau dipotong . Tetapi trik membesarkan dahan kelemahannya adalah dahan agak lemah serta jarak antara tunas agak berjauhan. dan memerlukan waktu yang cukup lama.


Trik Menyambung Kembali Dahan Dan Cabang Bonsai Sisir Yang Patah


Bonsai sisir / kaliage membentuknya dengan melilitkan kawat aluminum kalau kita tidak hati-hati dapat merusak bahkan berakibat fatal terhadap bonsai yang akan ditrain. Dahan atau cabang bonsai sisir yang dililit atau ditrain akan patah tanpa disengaja.

Biasanya hal ini disebabkan oleh setelah dililit kawat, dahan atau cabang akan dilenturkan atau dibengkokkan sesuai arah yang kita inginkan. Bila anda tidak hati-hati dahan atau cabang ini akan patah pada saat di bengkokkan. Patah dahan atau cabang biasanya terjadi pada jenis tanaman yang memiliki kayu yang keras contohnya Serpang, Sisir, Bogenvile.

Ada berbagai macam trik atau cara untuk mengatasi atau juga memulihkan dahan dan cabang bonsai sisir / kaliage yang patah. dengan catatan patah dahan dan cabang jangan dibiarkan sampai terlalu lama. Pada saat patah dahan atau cabang harus cepat diambil tindakan dengan cara mengembalikan posisinya kembali, tempat atau luka yang patah harus segera dibungkus dengan plastik agar tidak terkena air atau diikat supaya tidak bergerak.

Untuk mengatasi patah dahan dan cabang dari bonsai sisir bisa juga dengan membungkusnya dengan pasta setelah beberapa hari pasta ini akan berubah menjadi karet seperti pembungkus luka. Pasta ini tidak diproduksi di negara Indonesia melainkan hanya diproduksi di negara Jepang mungkin bisa diperoleh di toko online atau juga khusus di nursery Bonsai.

sumber dari wikipedia , https://decyra.com/, https://www.centralbonsai.com/ ,https://tanam-bonsai.blogspot.com

1 Response to "Cara Membuat Bonsai Sisir Atau Kaliage Yang Istimewah"

  1. bahan kali age ukuran kecil kira2 berapa ganπŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel