-->

Seperti Inilah Cara Membuat Bonsai Yang Paling Bagus

Seperti Inilah Cara Membuat Bonsai Yang Paling Bagus

Bonsai adalah Sebuah Teknik mengecilkan tanaman atau pohobn berada di dalam pot dengan tujuan untuk membuat sebuah miniatur dari bentuk pohon asli yang besar, tetapi pohon itu sudah tua di alam bebas. Penanaman Bonsai yang dilakukan di pot dangkal itu disebut bon. Istilah bonsai tersendiri juga dipakai untuk seni tradisional di negara Jepang untuk pemeliharaan tanaman dan pohon yang berada di dalam pot, dan apresiasi keindahan bentuk dari akar pohon, batang, dahan, daun dan serta pot dangkal yang menjadi wadah.
Seperti Inilah Cara Membuat Bonsai Yang Paling Bagus

Pada dasarnya cara membuat bonsai itu sangat gampang dan mudah untuk di pelajari untuk para pemula tetapi kita hanya perlu tekun untuk merawat dan menghias bonsai itu dengan sebagus mungkin agar tampilan tamanan semakin terlihat natural dan alami.

Jenis Pohon Yang Dapat Di Buat Cara Membuat Bonsai


Pohon yang paling umum untuk dibonsai adalah seperti berbagai spesies pinus. Jenis tanaman dan juga pohon dipakai untuk mengelompokkan jenis-jenis bonsai


  • Bonsai pohon pinus dan ek: tusam, cemara duri, sugi, cemara cina, dan lain-lain.
  • Bonsai pohon buah untuk dapat dinikmati keindahan buahnya ( Chaenomeles sinensis, Ilex serrata, apel mini, kesemek,dan lain-lain).
  • Bonsai yang tumbuhan berbunga dapat dinikmati keindahan dari bunganya ( Chaenomeles speciosa, Prunus mume, sakura, azalea satsuki).
  • Bonsai pohon yang dapat dinikmati bentuk daunnya ( Rhus succedanea, maple, Zelkova serrata,bambu ).
  • Ada banyak sekali tanaman tropis yang telah dicoba dan ternyata cocok untuk dibonsai, di antaranya asam jawa, beringin, cemara udang, waru, dan jambu biji.


Untuk ukuran Tanaman Bonsai ada banya ragamnya mulai dari yang kecil sampai yang besar pun ada itu tergantung dari masing-masing individu yang membuatnya,

BACA JUGA : Cara Menanam Bonsai Untuk Pemula (Panduan Lengkap)

Bonsai dikelompokkan menjadi enam kelompok yang berdasarkan tinggi tanaman dari pangkal batang sampai bagian puncak tanaman:

Ukuran Tanaman Bonsai :


  1. raksasa: tinggi pohon lebih dari 101 cm.
  2. sangat besar: tinggi pohon antara 76–100 cm.
  3. besar: tinggi pohon antara 46–75 cm
  4. sedang: tinggi pohon antara 31–45 cm
  5. kecil: tinggi pohon antara 16–30 cm
  6. sangat kecil: tinggi pohon kurang dari 15 cm


Hal Hal Yang Di Persiapkan Untuk Menanam Bonsai


Apa bila anda ingin cara membuat tanaman bonsai tentukan tanaman apa dulu yang akan di buat bonsai. Berikut ini hal yang wajid di perlukan untuk menanam Bonsai :

1. Bonggol tanaman

2. Pot ukuran besar atau kecil

3. Media tanam ( tanah dan pupuk)

4. Kawat pembentukan

5. Gunting tanaman

Berikut Cara Yang Paling Umum Membuat Bonsai :


Untuk membuat tanaman bonsai di perlukan cara yang spesial untuk membutanya agar mendapatkan hasil yang sangat bagus dan juga bisa meningkatkan nilai jual Bonsai.

Ada banyak cara untuk membuat bonsai dicangkok, atau pun stek. keuntungan untuk stek adalah tidak adanya kendala baik itu di musim hujan atau musim kemarau kenapa karena tanaman dari hasil setek baru ini memiliki unsur yang sama dengan induknya, jadi sehingga kita tidak perlu khawatir akan berubah dari jenis, dan proses setek batang ini bisa memperbanyak secara terus menerus.


  • Bonggol atau bahan tanaman di tanam pada pot besar ataupun dalam tanah agar tumbuh bebas.
  • Setelah daunya tumbuh barulah dilakukan untuk pembentukan dengan cara menggunakan kawat (wiring). Kawat yang digunakan sebaiknya adalah kawat yang khusus anti karat yang berbagai macam ukuran. Besarnya daru ukuran kawat tersebut tergantung dari ukuran bonggol atau ranting tanaman.
  • Setelah terbentuk, menimbulkan pembengkakan yang terdapat pada bonggol-bonggol tanaman yang dikawat tersebut, maka segerahlah kawat tersebut dibuka.
  • Lakukan pemangkasan (purning) hingga tanaman bonsai nampak indah dan seimbang. Ketika anda melakukan purning sebaiknya akar bonsai juga dipangkas. Ini agar menghasilkan bonsai yang baik.
  • Setelah terbentuk yang baru pindahkan pohon atau tanaman tadi pada pot bonsai yang telah diberi media tanam. Sebaiknya media tanam adalah tanah dan juga dilakukan sterilisasi dengan cara media tanam ini disangrai terlebih dahulu.
  • Gunakanlah pupuk pestisida maupun fungsida untuk mencegah munculnya hama maupun cendawan.
  • Jangan berhenti untuk lakukan perawatan pada pohon bonsai sampai anda benar-benar puas dengan tanaman buat.

Itulah Sekilas artikel tentang cara membuat bonsai yang paling bagus yang dapat kami bagikan untuk para pemula maaf yang mastah minggir dula ya, biar kebagihan hasil nya.
comments

0 Response to "Seperti Inilah Cara Membuat Bonsai Yang Paling Bagus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel