-->

Cara Mengobati Asam Lambung secara alami

Tubuh menggunakan asam lambung untuk dapat mencerna makanan. Ada kalanya jumlah asam lambung pada tubuh menjadi berlebih, sehingga berkemungkinan untuk menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Selain itu mengubah gaya hidup, berbagai bahan alami yang mungkin dapat membantu meredakan gejala asam lambung.
Cara Mengobati Asam Lambung secara alami
Gambar untuk Cara Mengobati Asam Lambung secara alami
Asam lambung dapat naik ke kerongkongan akibat dari katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan amat  baik. Kondisi seperti ini disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease).  Gejala yang ditimbulkan oleh GERD meliputi sulit menelan, sakit dada atau nyeri ulu hati, mulut terasa asam atau pahit karena asam lambung naik ke kerongkongan, dan perut juga terasa tidak nyaman.

Penyebab pasti adalah melemahnya katup antara kerongkongan di bagian bawah dengan lambung tetapi  belum diketahui secara jelas, berikut  ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit GERD, di antaranya:

•Kondisi medis tertentu, seperti esofagitis atau (radang esofagus), gastritis atau (peradangan pada dinding lambung), dan gastroparesis atau (perlambatan gerakan lambung).
•Kelainan bawaan pada lambung, contoh hernia hiatus dan gastroschisis.
•Kelebihan berat badan atau juga obesitas.
•Infeksi bakteri H. pylori.
•Merokok
•Efek samping dari obat tertentu, seperti aspirin.
•Konsumsi minuman dan makanan  tertentu, seperti makanan yang berlemak, kopi, coklat,dan alkohol dalam jumlah yang banyak.

Cara Mengobati Asam Lambung secara alami Dengan Mengubah Gaya Hidup

Mengobati asam lambung tidak terlepas dari usaha kita untuk memperbaiki pola hidup, antara lain dengan:

•Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami Dengan Menghindari makanan pemicu dan mengatur porsi makan

GERD sendiri dapat dipicu oleh makanan yang banyak mengandung lemak. Makanan yang berlemak dicerna lebih lama oleh tubuh dan  sehingga lambung memproduksi banyak asam lambung dan berisiko akan naik ke kerongkongan. Selain itu juga, hindari kopi, alkohol, coklat, dan makanan pedas karena itu berisiko membuat katup kerongkongan di bagian bawah menjadi rileks sehingga dapat memudahkan asam lambung naik ke kerongkongan. Selain itu juga usahakan makan dengan porsi yang kecil namun sering dan kunyah secara perlahan-lahan.

•Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami Dengan Hindari kebiasaan yang tidak sehat

Merokok dan kebiasaan langsung berbaring sesudah  makan ini merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan asam lambung akan naik ke kerongkongan. Karena itu, penting untuk anda menghindari kebiasaan tersebut guna untuk  mencegah munculnya penyakit asam lambung. Beri jeda waktu setidaknya 2,5 jam untuk berbaring setelah makan.

•Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami Dengan  Tidak memakai pakaian yang ketat di bagian perut

Hindari mengenakan pakaian atau celana yang terlalu ketat di bagian perut, karena ini dapat menekan lambung sehingga dapat  menyebabkan isi lambung akan naik ke kerongkongan dan muntah. Agar lebih aman lagi, gunakanlah pakaian yang sangat longgar.

•Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami Dengan Tidak melakukan gerakan yang mungkin menekan perut

Tentu saja , tetap anda harus berolahraga agar tetap sehat. Namun, hindari untuk melakukan gerakan yang mungkin akan memberi tekanan pada lambung, misalnya bergoyang-goyang atau  melompat. Waktu olahraga juga  harus diperhatikan , jangan melakukannya ketika anda  baru selesai makan. Berikan jeda waktu sekitar 2 sampai 4 jam setelah selesai makan.

•Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami Dengan  Tidur yang cukup

Refluks asam lambung dapat terpicu jika tubuh Anda memproduksi hormon stres akibat dari kurang tidur. Jangan abaikan kondisi seperti ini karena bisa menimbulkan komplikasi,dan  menyebabkan penyakit menjadi kronis, lalu akhirnya dapat menurunkan kualitas serta angka harapan untuk hidup. Perbaiki pola tidur agar waktu tidur anda dapat tercukupi.

•Cara Mengobati Asam Lambung Secara Alami Dengan  Tidur dengan posisi kepala dan dada lebih tinggi

Yang harus dilakukan ialah dengan menaikkan posisi tubuh di bagian atas agar lebih tinggi dari tubuh bagian yang  bawah. Tubuh di bagian atas yang butuh ditinggikan adalah dengan pinggang ke atas. Jika, hanya anda menambahkan bantal di belakang kepala saja, biasanya tidak efektif.

Mengobati Asam Lambung dengan Ramuan Alami

Di rumah, juga dapat mencoba untuk membuat ramuan alami sendiri. Inilah beberapa contoh ramuan yang alami yang dapat mengobati asam lambung:

•Mengobati Asam Lambung dengan Jahe
Jahe sendiri memiliki sifat antiradang yang secara alami yang dapat mengatasi nyeri ulu hati dan juga masalah pencernaan lainnya. Penggunaan jahe sendiri  untuk mengatasi gejala GERD atau di sebut juga refuks asam lambung adalah dengan mengolahnya menjadi  minuman hangat. Selain jahe yang mentah, Anda bisa juga menikmati minuman jahe yang hangat dari produk jahe bubuk dijual di pasaran.

•Mengobati Asam Lambung dengan  Licorice atau akar manis

Licorice atau disebut juga dengan akar manis, dipercaya dapat juga mengatasi masalah pada sistem pencernaan, seperti nyeri di ulu hati atau di heartburn. Bahan kimia yang terkandung di tanaman ini disebut juga dapat mengurangi pembengkakan, dan dapat menyembuhkan peradangan atau luka di dalam tubuh.

•Mengobati Asam Lambung dengan  Marshmallow

Daun dan akar marshmallow  juga biasa digunakan untuk mengobati sakit konstipasi, maag, diare, peradangan di lapisan lambung, dan juga nyeri serta pembengkakan selaput lendir yang melapisi saluran pernapasan.

Marshmallow juga mengandung bahan kimia yang bisa untuk  meredakan batuk dan membantu untuk menyembuhkan luka, dengan mengurangi peradangan dan juga melawan mikroba tertentu. Marshmallow juga dapat membentuk lapisan pelindung pada kulit dan juga lapisan saluran pencernaan.

•Mengobati Asam Lambung dengan  Teh chamomile

Teh chamomile sudah sangat sering digunakan untuk meredakan nyeri di perut dan ulu hati, mutah, mual, serta secara tradisional juga dipercaya dapat mengatasi orang yang susah tidur.

Ramuan herbal ini mungkin dapat menjadi cara alami dan cara efektif untuk mengurangi gejala GERD. Namun, anda perlu ketahui bahwa khasiat dan efektivitas ramuan herbal ini  belum didukung oleh para penelitian dan bukti klinis yang memadai. Jadi, disarankan untuk tetap  berkonsultasi ke dokter sebelum anda menggunakannya.

Selain dengan ramuan herbal juga, ada beberapa makanan yang dapat membantu untuk meredakan gejala asam lambung. Di antaranya sebagai berikut:

•Sayuran, seperti asparagus ,brokoli, buncis, sayuran hijau, mentimun, kembang kol, dan  kentang,.
•Oatmeal dan juga roti gandum. Menu sarapan terbuat dari gandum utuh ini adalah merupakan sumber serat yang bisa menyerap asam lambung dan juga meredakan gejala refluks.
•Buah non-sitrus, seperti buah pisang, melon, pir, dan apel.
•Daging tanpa yang lemak, seperti ayam, ikan, kalkun, dan makanan laut yang rendah lemak. Olah daging segar dengan cara dipanggang, di rebus, atau dibakar.

Usaha untuk dapat mengobati asam lambung dapat dilakukan dengan secara mandiri seperti melalui perubahan gaya hidup. Walau pun tidak ada bahan alami yang dapat memperbaiki kerusakan dari kerongkongan akibat GERD, beberapa jenis ramuan yang  alami mungkin dapat membantu untuk  meredakan gejala asam lambung. Selain itu juga, berbagai obat untuk mengendalikan asam lambung juga bisa Anda beli di apotek tanpa resep dari dokter. Namun, jika gejalanya tidak juga kunjung membaik, segeralah anda memeriksakan diri ke dokter agar mendapat pengobatan yang tepat.

Di Bawah ini artikel membahas tentang cara mengobati asam lambung yang naik tanpa doker spesialis tentunya juga aman dari isi kantong yang tipis.

6 Cara Mengobati Asam Lambung yang Naik Tanpa Dokter!

Asam lambung yang naik ialah kondisi di mana asam lambung naik kembali ke tenggorokan. Kondisi ini biasa juga ditandai dengan sensasi terbakar pada dada. Anda  dapat mengatasinya dengan cara mengobati asam lambung berikut.

Naiknya asam lambung dapat disebabkan konsumsi makanan tertentu,telat makan, kelebihan berat badan, hingga merokok. Kondisi ini sebenarnya juga dapat diatasi dengan cara mengonsumsi obat yang dijual bebas di toko, seperti antasida.

Meski begitu, mengonsumsinya dengan cara berlebihan dan tanpa resep dari dokter, dapat memberi efek samping seperti diare atau sembelit. Oleh karena itu, selain anda  mengonsumsi obat, lakukan juga beragam cara mengobati asam lambung secara mandiri sebagai berikut:

Kenali Makanan Pemicu dan juga Pereda Asam Lambung

Beberapa makanan juga dapat memicu asam lambung naik. Seperti makanan yang tinggi lemak, berminyak, dan digoreng, bawang putih serta cokelat juga. Kemudian anda minuman bersoda,yang berkafein, dan jus buah-buahan yang asam, seperti jeruk nipis atau lemon, juga dapat memicu kenaikan asam lambung.

Sebaliknya, ada beberapa makanan juga yang dapat meredakan gejala asam lambung naik. contoh, permen karet. Saat asam lambung menyerang, cobalah Anda kunyah permen karet bebas gula. Permen ini sangat  membantu produksi air liur dan sehingga menetralkan kadar asam lambung. Permen karet ini sangat efektif untuk mengobati asam lambung karna ini sudah saya praktikan.

Atau anda juga bisa memanfaatkan khasiat dari baking soda yang dapat menetralkan asam. Caranya sangat mudah, cukup anda campur setengah sampai 1 sendok baking soda dengan satu gelas air kemudian di minum.

Namun bila kenaikan asam lambung anda sering kambuh, cara baking soda ini sebaiknya tidak diterapkan. Karena baking soda yang tinggi garam dan dapat menyebabkan timbulnya efek samping, seperti mual.

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Terapkan Trik Makan Ini

Untuk mencegah asam lambung kambuh, makanlah dengan lebih sering namun dalam porsi yang lebih sedikit untuk mengurangi tekanan pada perut. Kemudian cobalah anda makan dengan lebih lambat.

Caranya, anda bisa melepas tangan dari sendok saat anda sedang mengunyah. Dan  kemudian mengangkatnya lagi untuk suapan makan selanjutnya.

Selanjutnya, jangan anda  berbaring setelah makan. Menjaga tubuh anda tetap vertikal (seperti duduk atau berdiri) selama 2  atau  3 jam setelah makan ini akan mencegah asam lambung naik.

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan  Posisi Tidur Setengah Duduk

Bila asam lambung menyerang pada saat malam hari, coba anda ganti posisi tidur. Ubah posisi tidur anda menjadi seperti setengah duduk di mana bagian atas tubuh atau (dari pinggang hingga kepala) berada pada di posisi yang lebih tinggi. anda bisa melakukannya dengan menyenderkan bantal ke dinding atau untuk menyangganya. Posisi seperti ini akan menjaga makanan tetap di dalam usus dan juga dapat meredakan gejala asam lambung naik.

Bila tidak memungkinkan, anda juga bisa berbaring dengan sisi yang kiri di bagian bawah. Cara ini juga lebih dapat membantu.

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Longgarkan Pakaian

Mengenakan pakaian yang ketat terutama di daerah pinggang ke bawah karena ini dapat memicu penekanan pada perut. Sehingga, dapat  memperparah gejala asam lambung naik. Oleh karena itu, buka kancing celana anda atau ikat pinggang anda sementara saat asam lambung mulai menyerang. Karena cara ini mampu untuk mengobati asam lambung naik,

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Menjaga Berat Badan Sehat

Penderita obesitas kemungkin besar menderita asam lambung naik. Hal itu disebabkan karena  adanya tekanan usus akibat berat badan yang berlebih. Sehingga kemungkinan asam dari usus itu kembali ke tenggorokan lebih besar.

Jadi, cobalah anda yang mempunyai berat badan berlebih untuk menurunkan berat badan. Tidak perlu cepat di mana ada penurunan berat secara sehat ialah setengah hingga 1 kg per minggu itu sudah sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Cara Mengobati Asam Lambung Dengan Berhenti Merokok

Zat-zat di dalam rokok dapat melemahkan otot katup penjaga antara lambung dan juga tenggorokan. Sehingga kebiasaan merokok dapat juga meningkatkan risiko penyakit asam lambung naik Jadi, bila asam lambung anda sering kambuh, berhentilah untuk merokok, gejala ini akan terasa lebih ringan. Cara mengobati asam lambung naik dengan cara berhenti untuk tidak merokok sangatlah efektip.

Cara mengobati asam lambung naik dapat dilakukan dengan cara mandiri dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan juga mengganti posisi tidur. Namun, apa bila  cara-cara mengobati asam lambung naik di atas tidak mempan, maka anda wajib untuk konsultasi kedokter secara langsung.


Terima kasih anda telah membaca artikel tentang cara mengobati asam lambung secara alami dan tradisional, semoga bermafaat untuk hidup sehat :P

comments

0 Response to "Cara Mengobati Asam Lambung secara alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel